Loading...

Senin, 25 Februari 2008

cara merubah platina ke cdi

Cara merubah platina ke cdi
Ini solusi pas buat pengendara yang semplakan-nya ingin ganti CDI tanpa pulser dari pengapian platina. Bahkan yang sudah adopsi CDI tanpa pulser pun, bisa comot peranti ini. “Tinggal beli koil Kawasaki Ninja. Pokoknya nggak makan tempat, apalagi ngunyah kabel,” beber Tomi Rahmat permana, mekanik Adi Praja Motor(APM), di Skuadron Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Keuntungan pakai koil Ninja, CDI-nya sudah jadi satu sangkar. Makanya lebih praktis (gbr. 1). Yang heboh, lidah apinya mampu menjalar sampai 0,8 mm kalau dites ke bodi mesin. Nah, yang berminat bisa tebus komponen ini di toko onderdil. Produk orisinal dilego sekitar Rp 150 ribu. Sedang kwalitas nomor 2, kisaran Rp 75 ribu.
Lantas gimana cara pasang? Tenang. Tomi membeberkan kalau motor masih pakai platina macam CB-100 atau Yamaha RX-100, salah satu lilitan sepul kudu digulung ulang jadi sepul pengapian (gbr. 2). Cara kompletnya, pernah diulas di edisi 215/IV hal. 14.

Lantas salah satu kawat email yang tak nyambung ke massa, disambung ke kabel hitam-merah yang ujungnya memiliki soket. “Baru soket atau terminal tadi ditancapkan ke terminal yang ada di koil Ninja,” tambah Tomi.
Cuma, agar putaran bawah hingga atas tidak mbrebet, posisi top magnet digeser mundur sedikit. Mau lebih tepat, jangan lupa pakai timing light.
Sekarang buat motor yang sudah pakai CDI tanpa pulser, macam TS125 atau Suzy RGR-150. Caranya sama, yaitu tinggal sambung kabel hitam-merah dari sepul ke terminal yang ada di koil Ninja. Sedang arus massa otomatis ada di pegangan koil.

(sumber: Reporter : Kris Julianto)
Fotografer : <>

4 komentar:

saptopidea mengatakan...

bantuin saya dong ,dimana saya bisa dapetin spul sama magnet rx 100 yg sudah di modif jd rx king ,
aku lg jengkel banget kemarin aku ketipu onderdilku di ganti ama bajakan ,pleace siapa pun tolong ya ?
aku sayang banget ama kendaraanku
,kasih info di sekitaran kota semarang aja.
harganya berapa?
kalo di gantiu pakai ondrdl apa yg cocok
pleace ya,,,,,,, makasihhhhhhhhh untuk semua

honda c50, c70, c90 mengatakan...

mas tolong jelaskan tentang langkah2 ganti platina ke cdi dari gulung spul (ganti platina ke cdi pakai coil kawasaki ninja) sampai cara pasangnya, yg lengkap ya mas???? kbel2nya juga mas yang jelas. oia, itu pakai coil ninja R apa ninja RR????

gery mengatakan...

bwt koel e....rx 100....dgantie koelnya ninja ada prubahan g????

rahman tuyek mengatakan...

gan gua udah rubah c70 platina ke cdi tapi kok meretet gas ujung nya dan lagian kuil sepertinya mudah rusak gan tloong dong gimana solusinya...